Kantor Jasa Konsultan Pajak Darta Consulting– Sebagai warga negara Indonesia yang menjadi Wajib Pajak (WP), Anda harus taat pajak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Akan tetapi, Undang-undang (UU) Pajak yang begitu kompleks seringkali membuat para Wajib Pajak kurang memahami bagaimana cara pembayaran pajak yang seharusnya, termasuk dalam membuat laporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Berikut adalah 6 cara tepat memilih konsultan pajak SPT tahunan Anda

Jika Anda tidak memiliki pengalaman dan keilmuan di bidang pajak, serta tidak memiliki banyak waktu  sehingga terkendala dalam membuat laporan SPT Tahunan, Anda tak perlu khawatir. Karena di sinilah peran dan tugas Konsultan Pajak SPT Tahunan untuk membantu dan memberikan solusi dalam membuatkan laporan SPT Tahunan Anda.

Dalam membuat laporan SPT Tahunan, konsultan pajak tidak hanya melakukan pekerjaan administrasi dengan menginput dan melaporkan SPT Tahunan, tetapi juga melakukan tax planning sehingga mendukung kebijakan strategis suatu bisnis. Selain itu, konsultan pajak juga memberikan update informasi peraturan pajak terbaru. Bagi negara, keberadaan konsultan pajak ini penting karena dapat membantu wajib pajak untuk membayar pajak dengan patuh dan melaporkan pajak dengan tepat waktu. Di bawah ini diuraikan bagaimana cara tepat memilih konsultan pajak.

Baca Juga : Jasa Konsultan Pajak – Gugatan Pajak

 

Tips Memilih Konsultan Pajak SPT Tahunan

1. Punya surat izin resmi
Untuk semua jasa konsultasn pajak yang sudah profesional pasti akan mengantongi surat izin resmi dan terdaftar di Dirjen Pajak atau Direktorat Jenderal Pajak. Bahkan tempat praktiknya juga sudah sangat aman, jadi Anda tidak akan meragukannya lagi. Lebih bagus lagi jika terdaftar di Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

2. Legalitas
Ini sangat penting karena bagi semua konsultan yang menjalankannya dengan baik dan benar pasti harus berjalan secara legal agar efektif ke permasalahan pembayaran pajak dari semua kliennya.

3. Transparan dan kooperatif
Cara tepat memilih konsultan pajak yang juga tak kalah penting adalah transparan dan kooperatif, karena transparansi dari sisi budget serta apa saja yang akan dilakukan konsultan. Konsultan harus kooperatif dengan memberikan informasi di setiap aktivitas terkait kasus pajak klien yang sudah diselesaikan.

4. Komitmen
Komitmen yang dimaksud bukan saja dalam pengurusan segala perpajakannya, tapi juga selalu siap membantu Anda dengan sepenuh hati kapan pun di saat Anda memerlukan hingga mencapai hasil yang baik. Konsultan pajak juga harus selalu menjaga dan berkomitmen agar tetap merahasiakan data pajak kliennya.

5. Tidak menerima “jalan pintas”
Ada konsultan pajak yang memang menerima “jalan pintas” bagi klien atau wajib pajak yang ingin segera masalahnya selesai. Namun, tentu dengan biaya yang sangat mahal. Sebaiknya, cari konsultan pajak yang tidak mau menerima jalan pintas.

6. Tax planning
Konsultan pajak akan selalu melakukan pengerjaan data pajak secara akurat dan terperinci, jadi semua yang terkait dengan wajib pajak Anda akan benar-benar sesuai dengan yang seharusnya. Terlebih jika Anda adalah seorang pebisnis maka konsultan pajak harus detil mendata hasil bisnis dan segala pengeluarannya.

Baca Juga : Jasa Konsultan Pajak – Jasa Pembukuan Laporan Keuangan

 

Jasa Konsultan Pajak SPT Tahunan

Bila Anda sudah mengetahui cara tepat memilih konsultan pajak, maka Anda tak perlu khawatir dalam untuk menggunakan jasa konsultan pajak untuk membuat laporan SPT Tahunan. Dengan menggunakan konsultan pajak yang tepat, berbagai manfaat bisa Anda dapatkan.

Darta Consulting adalah kantor jasa konsultan pajak (Tax Consultant) yang juga menyediakan jasa konsultan hukum, akuntan publik dan IT solution. Darta Consulting melayani jasa perpajakan yang lengkap dan telah dipercaya oleh ratusan klien sejak tahun 2003.

Darta Consulting dapat membantu menyelesaikan masalah perpajakan seperti Jasa SPT Tahunan, Jasa kepatuhan pajak, Jasa Perencanaan Pajak ( Tax Planning ), Jasa Telaah Pajak, Jasa Pendampingan Dalam Pemeriksaan, Jasa Restitusi Pajak, Jasa Penyelesaian Sengketa Pajak, Jasa Administrasi Pajak, Perpajakan Internasional, dan Jasa Pelatihan Pajak.

 

Jasa Konsultan Pajak Wilayah Indonesia

Darta Consulting menyediakan layanan jasa konsultan pajak dan jasa konsultan hukum untuk seluruh wilayah di Indonesia seperti sebagian besar di wilayah Pulau Jawa, yaitu :

Bandung, Banjar, Batu, Bekasi, Blitar, Bogor, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, DKI Jakarta, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Kediri, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Pekalongan, Probolinggo, Salatiga, Semarang, Serang, Sukabumi, Surabaya, Surakarta, Tasikmalaya, Tangerang, Tegal, Yogyakarta.

Selain itu, Darta Consulting juga melayani jasa konsultan pajak dan jasa konsultan hukum untuk wilayah lain di pulau Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.