Kantor Jasa Konsultan Pajak Darta Consulting – Jasa lain dari konsultan pajak adalah melayani pembuatan laporan pajak, baik itu laporan Pajak Masa/Bulanan dan Pajak Tahunan. Akan dijelaskan mengenai defini Pajak Masa/Bulanan dan Pajak Tahunan, termasuk jenis pajak apa saja yang masuk di dalam masing-masing laoran pajak tersebut.

Jasa Laporan Pajak Bulanan dan Tahunan

 

Dalam Undang Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara perpajakan (KUP), Wajib Pajak menggunakan Surat Pemberitahuan (SPT) sebagai suatu sarana untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan penghitungan jumlah pajak yang terutang.

Pelaporan pajak dapat disampaikan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Pajak (KP2KP), dimana Wajib Pajak terdaftar. SPT terdiri dari SPT Masa (bulanan) dan SPT Tahunan.

Baca juga: Jasa Konsultan Pajak – Wajib Pajak Badan / Perusahaan

 

SPT Masa/Bulanan

SPT Masa/Bulanan adalah SPT yang digunakan untuk melakukan pelaporan atas pembayaran pajak pada masa tertentu (bulanan).

 

SPT Tahunan

SPT Tahunan adalah SPT yang digunakan untuk pelaporan tahunan.

 

Laporan Pajak Bulanan

 

Ada sembilan jenis SPT Masa/Bulanan, yaitu:

  • Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21
  • PPh Pasal 22
  • PPh Pasal 23
  • PPh Pasal 25
  • PPh Pasal 26
  • PPh Pasal 4 (2)
  • PPh Pasal 15
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas BArang Mewah (PPnBM)
  • Pemungut PPN

 

Baca juga: Jasa Konsultan Pajak – PPh Orang Pribadi Tahunan

 

Laporan Pajak Tahunan

 

Ada dua jenis SPT Tahunan:

  • SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan
  • SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi

Batas Waktu Pembayaran/Penyetoran SPT Bulanan dan Tahunan

1. PPh Pasal 4 ayat (2), PPh Pasal 15, PPh Pasal 21/26, dan PPh Pasal 23/26: batas batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah tanggal 10 bulan berikutnya. Sedangkan batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah tanggal 20 bulan berikutnya.

2. PPh Pasal 25 (angsuran pajak) untuk WP OP dan Badan: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah tanggal 15 bulan berikutnya. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masanya adalah tanggal 20 bulan berikutnya.

3. PPh Pasal 25 (angsuran pajak) untuk WP Kriteria Tertentu (diperbolehkan melaporkan beberapa Masa Pajak dalam satu pelaporan SPT Masa): batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah pada akhir masa pajak terakhir. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah tanggal 20 bulan berikutnya.

4. PPh Pasal 22, PPN dan PPn BM oleh Bea Cukai: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah satu hari setelah dipungut. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah pada hari kerja terakhir minggu berikutnya (melapor secara mingguan).

5. PPh Pasal 22 Bendahara Pemerintah: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah pada hari yang sama saat penyerahan barang. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah tanggal 14 bulan berikutnya.

6. PPh Pasal 22 Pertamina: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah sebelum delivery orderdibayar.

7. PPh Pasal 22 Pemungut Tertentu: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah pada tanggal 10 bulan berikutnya. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah tanggal 20 bulan berikutnya.

8. PPN dan PPn BM bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP): batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah pada akhir bulan berikutnya setelah berakhirnya Masa Pajak dan sebelum SPT Masa PPN disampaikan. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah pada akhir bulan berikutnya setelah berakhirnya Masa Pajak.

9. PPN dan PPn BM bagi Bendaharawan: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah pada tanggal 7 bulan berikutnya. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah pada tanggal 14 bulan berikutnya.

10. PPN dan PPn BM bagi Pemungut Non Bendaharawan: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah pada tanggal 15 bulan berikutnya. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah pada tanggal 20 bulan berikutnya.

11. PPh Pasal 4 ayat (2), PPh Pasal 15, PPh Pasal 21, PPh Pasal 23, PPN dan PPnBM bagi WP Kriteria Tertentu: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah sesuai batas waktu per SPT Masa. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Masa-nya adalah pada tanggal 20 setelah berakhirnya Masa Pajak terakhir.

12. PPh WP OP: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah sebelum SPT Tahunan PPh WP OP disampaikan. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Tahunan-nya adalah pada akhir bulan ketiga setelah berakhirnya tahun atau bagian tahun pajak.

13. SPT Tahunan PPh WP Badan: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah sebelum SPT Tahunan PPh WP Badan disampaikan. Sedangkan untuk batas waktu pelaporan SPT Tahunan-nya adalah pada akhir bulan keempat setelah berakhirnya tahun atau bagian tahun pajak.

14. Untuk PBB: batas waktu pembayaran/penyetoran pajak adalah sebagaimana tercantum dalam Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB.

Dengan mengetahui batas-batas tanggal pembayaran dan pelaporan perpajakan diharapkan Wajib Pajak lebih patuh dalam menyetorkan pajak dan melaporkannya sesuai batas waktu yang ditentukan.

 

Jasa Konsultan Pajak – Pembuatan Laporan Pajak

 

Darta Consulting adalah kantor jasa konsultan pajak (Tax Consultant) yang juga menyediakan jasa konsultan hukum, akuntan publik, dan IT solution. Darta Consulting melayani jasa perpajakan yang lengkap dan telah dipercaya oleh ratusan klien sejak tahun 2003.

Darta Consulting dapat membantu menyelesaikan masalah perpajakan, seperti Jasa Pembuatan Laporan Pajak, Jasa Kepatuhan Pajak, Jasa Perencanaan Pajak ( Tax Planning ), Jasa Telaah Pajak, Jasa Pendampingan Dalam Pemeriksaan, Jasa Restitusi Pajak, Jasa Penyelesaian Sengketa Pajak, Jasa Administrasi Pajak, Perpajakan Internasional, dan Jasa Pelatihan Pajak.

Kantor Konsultan Pajak Jakarta

 

Darta Consulting menyediakan layanan jasa konsultan pajak jakarta dan jasa konsultan hukum untuk seluruh wilayah di Indonesia seperti sebagian besar di wilayah Pulau Jawa, yaitu :

Bandung, Banjar, Batu, Bekasi, Blitar, Bogor, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, DKI Jakarta, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Kediri, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Pekalongan, Probolinggo, Salatiga, Semarang, Serang, Sukabumi, Surabaya, Surakarta, Tasikmalaya, Tangerang, Tegal, Yogyakarta.

Selain itu, Darta Consulting juga melayani jasa konsultan pajak dan jasa konsultan hukum untuk wilayah lain di pulau Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, sampai Papua.