Kantor Jasa Konsultan Pajak Darta Consulting – Bagi Wajib Pajak Perorangan ataupun Badan yang memiliki kesibukan yang sangat tinggi dan tidak mau direpotkan dalam melakukan pelaporan SPT Tahunan, tentu lebih memilih menggunakan jasa konsultan pajak SPT Tahunan. Berikut penjelasannya.

Menggunakan Jasa Konsultan Pajak SPT Tahunan

Terkait dengan perhitungan pajak itu sendiri, pemerintah telah menerapkan sistem self assessment dalam perpajakan di Indonesia. Dengan sistem ini, semua Wajib Pajak diberikan kewenangan untuk mengurus sendiri berbagai hal terkait dengan pajaknya.

Hal ini tentu tetap dilakukan dengan mengacu pada aturan yang berlaku, sehingga setiap Wajib Pajak harus memahami berbagai aturan tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, yang bersangkutan bisa menangani urusan pajaknya sendiri.

Jika melihat kerumitan yang diterapkan dalam peraturan perpajakan, menghitung dan melaporkan sendiri SPT Tahunan bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal inilah yang menjadi alasan utama untuk menggunakan layanan jasa konsultan pajak SPT Tahunan.

Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, berbagai kekeliruan terkait dengan perhitungan dan pelaporan pajak bisa dihindarkan. Bukan hanya itu, para Wajib Pajak juga menjadi lebih tenang dan bisa melakukan berbagai aktivitasnya dengan lebih leluasa tanpa dipusingkan dengan berbagai aturan mengenai perpajakan.

Menggunakan jasa konsultan pajak menjadi pilihan tepat bagi Wajib Pajak Perorangan maupun Wajib Pajak Badan Usaha. Hal ini dianggap lebih efektif dan praktis. Sebab, berbagai urusan terkait dengan perpajakan bisa diatasi dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Sanksi jika Tidak Melaporkan SPT Tahunan Pajak

Pilih Konsultan Pajak yang Tepat

Ada banyak jasa konsultan pajak SPT Tahunan yang menawarkan jasa mereka dalam kepengurusan pajak. Namun, konsultan pajak haruslah profesional dan memiliki kewenangan, serta legalitas dari lembaga yang terkait untuk layanan jasa yang diberikannya.

Hal ini harus menjadi perhatian bagi setiap Wajib Pajak yang akan menggunakan jasa konsultan pajak SPT Tahunan, sehingga berbagai urusannya terkait dengan pajak bisa diselesaikan dengan baik. Dalam praktiknya, ada banyak kantor konsultan yang menyediakan jasa konsultan pajak, baik itu yang telah tersertifikasi maupun yang belum tersertifikasi.

Baca juga: 6 Cara Tepat Memilih Konsultan Pajak SPT Tahunan

Layanan dan Jasa dari Konsultan Pajak

Layanan yang diberikan konsultan pajak tidak hanya melayani penghitungan dan pelaporan SPT Tahunan, tetapi kantor jasa konsultan pajak juga menyediakan berbagai jasa yang terbilang lengkap, tergantung pada kebutuhan para kliennya.

Berbagai jenis kebutuhan layanan pajak ini bahkan akan lebih beragam untuk para Wajib Pajak Badan Usaha. Mengingat Wajib Pajak ini memiliki banyak kepentingan pajak terkait dengan pengembangan usahanya.

Perhitungan Tarif Konsultan Pajak

Jika berbicara mengenai layanan jasa, tak lengkap rasanya bila tidak membahas tarif yang dikenakan konsultan pajak. Pada dasarnya, tarif jasa konsultan ini akan dibedakan berdasarkan layanan yang digunakan klien.

Sebagaimana jasa lainnya, setiap penyedia jasa yang resmi dan memiliki izin serta kinerja yang baik akan menerapkan sejumlah tarif yang lebih mahal dibandingkan dengan layanan jasa yang tak berizin.

Pada umumnya, tarif konsultan pajak dihitung berdasarkan dua cara: dengan menerapkan tarif per jam dan tarif flat untuk setiap urusan pajak yang diselesaikan. Besaran tarif ini tentu akan sangat berbeda-beda, tergantung pada kesepakatan antara kantor konsultan dengan klien yang bersangkutan.

Baca juga: Peran dan Manfaat Menggunakan Layanan Jasa Konsultan Pajak

Kantor Konsultan Pajak Wilayah Indonesia

Darta Consulting menyediakan layanan jasa konsultan pajak dan jasa konsultan hukumuntuk seluruh wilayah di Indonesia seperti sebagian besar di wilayah Pulau Jawa, yaitu :

Bandung, Banjar, Batu, Bekasi, Blitar, Bogor, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, DKI Jakarta, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Kediri, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Pekalongan, Probolinggo, Salatiga, Semarang, Serang, Sukabumi, Surabaya, Surakarta, Tasikmalaya, Tangerang, Tegal, Yogyakarta.

Selain itu, Darta Consulting juga melayani jasa konsultan pajak dan jasa konsultan hukum untuk wilayah lain di pulau Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.