Kantor Jasa Konsultan Pajak Darta Consulting akan membahas mengenai Jasa Konsultan Pajak Transfer Pricing Documentation, meliputi ; definisi transfer pricing, tujuan transfer pricing, tipe dan metode transfer pricing, serta solusi mengenai transfer pricing documentation.

 

Definisi Transfer Pricing

Transfer pricing adalah harga yang dibebankan satuan usaha individual dalam suatu perseroan multisatuan usaha atas transaksi di antara mereka sendiri. Konsep ini digunakan bila setiap satuan usaha dikelola sebagai suatu pusat laba, yang masing-masing bertanggung jawab atas laba dari modal yang diinvestasikan. Dengan praktek transfer pricing, perusahaan akan melaporkan rugi sehingga tidak perlu membayar pajak.

Transfer pricing adalah suatu kebijakan perusahaan dalam menentukan harga transfer suatu transaksi baik itu barang, jasa, harta tak berwujud, atau pun transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan.

Menurut Charles T. Hongren dan Gary L. Sundem “Transfer Pricing adalah usaha perusahaan multinasional untuk mengurangi pajak penghasilan dengan cara pengalokasian laba perusahaan keanak perusahaan yang memiliki beban pajak yang lebih rendah.”.

Transaksi transfer pricing juga dapat terjadi antar perusahaan, baik didalam grup atau dengan pihak-pihak yang memiliki hubungan istimewa, baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca juga : Penting! Ketahuilah Aturan Pajak Bisnis Online dan UMKM

 

Tujuan Transfer Pricing

Tujuan yang ingin dicapai dalam transaksi transfer pricing antar perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Memaksimalkan penghasilan global setelah dikurangi pajak.
  2. Mengamankan posisi kompetitif.
  3. Evaluasi kinerja anak/cabang perusahaan mancanegara.
  4. Mengurangi risiko moneter.
  5. Mengatur cash flow anak/cabang perusahaan yang memadai.
  6. Mengurangi beban pengenaan pajak, dan bea masuk.
  7. Mengurangi risiko pengambilalihan pemerintah.

 

Tipe dan Metode Transfer Pricing

  1. Harga Transfer Dasar Biaya (Cost-Based Transfer Pricing)
  2. Harga Transfer atas Dasar Harga Pasar (Market Basis Transfer Pricing)
  3. Harga Transfer Negosiasi (Negotiated Transfer Prices)
  4. Transfer Pricing pada Perusahaan Multinasional

Baca juga : Jasa Konsultan Pajak – Wajib Pajak Badan / Perusahaan

 

Jasa Konsultan Pajak Transfer Pricing Documentation

Darta Consulting adalah kantor jasa konsultan pajak (Tax Consultant) yang juga menyediakan jasa konsultan hukum, akuntan publik dan IT solution. Darta Consulting melayani jasa perpajakan yang lengkap dan telah dipercaya oleh ratusan klien sejak tahun 2003.

Darta Consulting dapat membantu menyelesaikan masalah perpajakan seperti Transfer Pricing Documentation, Jasa kepatuhan pajak, Jasa Perencanaan Pajak ( Tax Planning ), Jasa Telaah Pajak, Jasa Pendampingan Dalam Pemeriksaan, Jasa Restitusi Pajak, Jasa Penyelesaian Sengketa Pajak, Jasa Administrasi Pajak, Perpajakan Internasional, dan Jasa Pelatihan Pajak.

Baca juga : Jasa Konsultan Pajak – Pembuatan Laporan Pajak

 

Kantor Konsultan Pajak Jakarta

Darta Consulting menyediakan layanan jasa konsultan pajak jakarta dan jasa konsultan hukum untuk seluruh wilayah di Indonesia seperti sebagian besar di wilayah Pulau Jawa, yaitu :

Bandung, Banjar, Batu, Bekasi, Blitar, Bogor, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, DKI Jakarta, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Kediri, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Pekalongan, Probolinggo, Salatiga, Semarang, Serang, Sukabumi, Surabaya, Surakarta, Tasikmalaya, Tangerang, Tegal, Yogyakarta.

Selain itu, Darta Consulting juga melayani jasa konsultan pajak dan jasa konsultan hukum untuk wilayah lain di pulau Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.