Kantor Jasa Konsultan Pajak Darta Consulting – Laporan keuangan merupakan salah satu hal terpenting untuk menjaga bisnis tetap berjalan dengan baik. Berikut ini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai salah satu layanan yang diberikan konsultan pajak, yaitu jasa pembukuan laporan keuangan.

 

Pengertian Pembukuan Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan.

Baca juga: Jasa Konsultan Pajak – Wajib Pajak Badan / Perusahaan

 

Jenis Laporan Keuangan

1. Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Laporan ini berfungsi untuk memperlihatkan apakah perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan dalam satu periode keuangan. Selain untuk mengetahui keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi dibuat untuk menginformasikan jumlah pajak yang harus dibayar oleh perusahaan, menjadi referensi evaluasi bagi manajemen perusahaan dan juga menyediakan informasi tentang efisien atau tidaknya langkah yang diambil oleh perusahaan dilihat dari besar beban yang dikeluarkan.

2. Laporan Perubahan Modal

Di awal pembentukan atau pendirian perusahaan akan selalu ada modal awal yang menjadi langkah pertama perusahaan beroperasi. Jumlah modal awal ini pasti berubah sesuai dengan kinerja perusahaan. Misalnya perusahaan dalam periode tertentu mengalami kerugian, maka modal yang digunakan oleh perusahaan bisa berkurang. Sebaliknya, jika perusahaan mendapat laba maka modal akan bertambah.

Laporan perubahan modal akan menyediakan informasi terkait jumlah modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dalam periode tertentu. Dalam laporan ini, Anda bisa melihat perubahan yang terjadi pada modal, sekaligus dengan penyebab perubahan yang terjadi.

3. Neraca (Balance Sheet)

Dalam akuntansi, neraca lebih dikenal dengan nama balance sheet. Secara umum, laporan ini dibuat untuk menunjukkan kondisi, posisi, dan informasi keuangan sebuah perusahaan pada periode tertentu. Penyusunan laporan neraca ini membuat Anda bisa melihat beberapa data penting, seperti jumlah aset perusahaan, kewajiban (hutang/liabilitas), dan ekuitas (modal) perusahaan. Secara keseluruhan ada tiga elemen yang dimiliki oleh neraca, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas.

4. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan arus kas juga dikenal dengan nama laporan cash flows. Laporan ini dibuat untuk menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada periode tertentu. Selain itu, laporan arus kas juga difungsikan sebagai indikator jumlah arus kas di periode yang akan datang. Laporan arus kas digunakan sebagai salah satu alat pertanggungjawaban arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan.

Contoh alur kas masuk bisa dilihat dari hasil atau pendapatan kegiatan operasional atau pinjaman. Kemudian untuk alur kas keluar bisa dilihat dari beban biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk kegiatan investasi dan operasional.

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Jenis laporan ini sangat penting dan bisa membantu Anda untuk lebih memahami laporan keuangan secara keseluruhan. Catatan atas laporan keuangan ini dibuat untuk memberikan penjelasan yang lebih rinci terkait dengan hal-hal yang tertera dalam keempat laporan keuangan lainnya. Bahkan, dalam laporan keuangan ini juga disediakan penyebab atau alasan yang berkaitan dengan data yang tersaji dalam laporan keuangan.

Baca juga: Jasa Konsultan Pajak – Pembuatan Laporan Pajak

 

Manfaat Laporan Keuangan

1). Pemberi Pinjaman atau Kreditor

Sebagai pihak yang meminjamkan tambahan modal untuk membantu bisnis Anda tetap berjalan dengan baik, kreditor akan meminta laporan keuangan perusahaan. Laporan ini akan memberikan informasi tentang kondisi keuangan suatu perusahaan yang akan dimanfaatkan oleh kreditor sebagai bahan acuan untuk menolak ataupun menyetujui pinjaman yang diajukan.

2). Pemasok atau Supplier

Pemasok atau supplier juga berhak mengetahui laporan keuangan perusahaan Anda, terutama jika Anda membeli barang dengan sistem kredit atau tidak langsung dibayar tunai. Dengan informasi yang disajikan pada laporan tersebut, supplier bisa mengambil keputusan apakah perusahaan Anda memiliki kemampuan membayar tagihan sesuai nominal yang tertera atau tidak. Jika perusahaan dinilai tidak mampu, supplier akan menolak kerja sama dengan perusahaan atau dapat mengajukan negosiasi dalam kerja sama tersebut.

3). Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaaan adalah orang terpenting yang sangat membutuhkan laporan keuangan. Dengan mengetahui laporan keuangan perusahaan, pihak manajeman dapat mengetahui dan memastikan bahwa semua proses telah berjalan dengan baik. Laporan keuangan ini juga dapat menjadi acuan dalam mendukung aspek perencanaan bisnis di masa akan datang.

4). Investor

Sebagai penanam modal pada bisnis, investor pasti selalu ingin tahu apakah modal yang mereka berikan telah digunakan secara tepat. Dengan laporan keuangan yang baik, investor akan merasa yakin terhadap bisnis Anda.

Dengan begitu, mereka tidak akan merasa keberatan untuk menanamkan modalnya ke perusahaan, sehingga Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis dengan modal tambahan dari investor tersebut.

5). Pemerintah

Setiap bisnis yang terlapor akan memiliki kewajiban terhadap pemerintah untuk membayar pajak. Besaran pajak yang dibayarkan akan sesuai dengan besaran angka yang tertulis dari laporan keuangan yang dimiliki oleh bisnis. Semakin awal merapikan dan membuat laporan keuangan, Anda akan terhindar dari masalah penting terkait kewajiban pajak, seperti penggelapan pajak yang akan terkait masalah hukum atau pengurangan pajak tertanggung yang justru akan memberi keuntungan bagi bisnis.

6). Pelanggan

Pelanggan yang terikat perjanjian kerja sama untuk memasarkan produk Anda juga berhak mengetahui laporan keuangan perusahaan. Mereka berhak tahu kelangsungan bisnis, terutama jika mereka terkait dengan perjanjian jangka panjang dengan bisnis Anda. Laporan keuangan yang baik akan menunjukkan riwayat bisnis yang baik, sehingga akan meyakinkan pelanggan untuk mengambil sebuah kesepakatan kerja sama.

7). Karyawan

Karyawan biasanya ingin mengetahui laporan keuangan yang dimiliki perusahaan terkait dengan kemampuan gaji yang bisa dibayarkan perusahaan kepada mereka. Laporan keuangan yang baik akan membantu pihak perusahaan untuk bekerjasama dengan karyawan terkait pembayaran di masa-masa sulit bisnis Anda.

8). Masyarakat

Suatu perusahaan bisa memberi pengaruh terhadap masyarakat dalam beberapa cara. Misalnya, jumlah orang yang menjadi pekerja di perusahaan dan perlindungan untuk penanam modal dalam negeri. Informasi keuangan perusahaan yang baik dapat membantu masyarakat menyediakan info atau tren perkembangan terakhir tentang rangkaian aktivitas perusahaan.

Baca juga: Darta Consulting, Penyedia Jasa Konsultan Pajak Terlengkap

 

Kantor Konsultan Pajak Jakarta

Darta Tax Consultant adalah kantor konsultan pajak yang berdiri sejak tahun 2003 dan memiliki layanan perpajakan terlengkap, meliputi :

  • Jasa Konsultasi Perpajakan
  • Jasa SPT Tahunan
  • Jasa Keberatan dan Banding
  • Jasa Restitusi Pajak
  • Jasa Laporan Pajak / Tax Compliance
  • Jasa Pendampingan Pemeriksaan Pajak
  • Jasa Review Pajak / Tax Review
  • Jasa Tax Planning / Perencanaan Pajak

 

Jasa Konsultan Pajak Jakarta

 

Sebagai Tax Consultant, kami melayani jasa konsultan perpajakan yang meliputi :

  • Konsultan Pajak SPT Tahunan Orang Pribadi / Perorangan
  • Konsultan Pajak SPT Tahunan Badan Usaha / Perusahaan
  • Konsultan Pajak SPT Masa Bulanan Orang Pribadi / Perorangan
  • Konsultan Pajak SPT Masa Bulanan Badan Usaha / Perusahaan
  • Konsultan Pajak Penghasilan PPh Orang Pribadi / Perorangan
  • Konsultan Pajak Penghasilan PPh Badan Usaha / Perusahaan
  • Konsultan Pajak Penghasilan PPh Pemotongan & Pemungutan
  • Konsultan Pajak PPN & PPnBM
  • Konsultan Pajak Hotel
  • Konsultan Pajak Restoran
  • Konsultan Pajak Reklame
  • Konsultan Pajak Hiburan
  • Konsultan Pajak PBB & BPHTB

 

Jasa Konsultan Pajak Indonesia

Darta Tax Consultant melayani jasa konsultansi perpajakan di berbagai wilayah Indonesia, meliputi :

  • Jasa Konsultan Pajak Jakarta: Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat
  • Jasa Konsultan Pajak Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang
  • Jasa Konsultan Pajak Jawa Barat: Bandung, Purwakarta, Cirebon, Tasikmalaya, Majalengka, Sukabumi, Cimahi
  • Jasa Konsultan Pajak Jawa Tengah: Rembang, Solo, Yogyakarta (Jogja), Brebes, Sumpiuh, Tegal, Temanggung, Slawi, Purwokerto, Semarang, Cilacap, Blora, Kendal, Pekalongan, Purbalingga, Banyumas, Purworejo
  • Jasa Konsultan Pajak Surabaya (SBY), Malang, Madiun, Kediri, Gresik, Sidoarjo, Ngawi, Pamekasa, Pasuruan, Ponorogo, Blitar
  • Jasa Konsultan Pajak Aceh, Lhoksmawe, Sigli
  • Jasa Konsultan Pajak Bali, Denpasar, Buleleng, Gianyar
  • Jasa Konsultan Pajak Kalimantan Timur: Berau, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Kutai
  • Jasa Konsultan Pajak Kalimantan Barat: Pontianak, Sambas
  • Jasa Konsultan Pajak Kepulauan Riau: Batam, Pekanbaru
  • Jasa Konsultan Pajak Nusa Tenggara Barat (NTB): Matarram
  • Jasa Konsultan Pajak Nusa Tenggara Timur (NTT): Labuan Bujo dan Kupang
  • Jasa Konsultan Pajak Sulawesi: Luwuk, Manado, Makassar
  • Jasa Konsultan Pajak Medan, Jambi, Palembang, Padang, Bukit Tinggi, Lampung

 

Selain itu, Darta Consulting juga menyediakan jasa profesional seperti :

 

Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website kami di :
www.dartaconsulting.co.id
atau hubungi marketing kami di :
marketing@darta.co.id
021 – 53164777