Kantor Jasa Konsultan Pajak Darta Consulting- Jasa Tax planning atau Perencanaan Pajak adalah salah satu cara mengatur perpajakan yang dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak dalam melakukan manjemen perpajakan usaha atau penghasilannya. Namun perencaan pajak yang dimaksud ini adalah perencanaan pajak tanpa melakukan pelanggaran konstitusi atau Udang-Undang Perpajakan yang berlaku.

Tax planning dikenal sebagai effective tax planning, yaitu seorang wajib pajak berusaha mendapat penghematan pajak (tax saving) melalui prosedur penghindaran pajak (tax avoidance) secara sistematis. Tujuan utama dari tax planning adalah untuk mengurangi jumlah atau total pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak secara legal. Tax planning ditujukan bukan untuk mengelak membayar pajak, tetapi cara mengatur perpajakan sehingga pajak yang dibayar tidak lebih dari jumlah yang seharusnya.

Langkah selanjutnya adalah pelaksanaan kewajiban perpajakan (tax implementation) dan pengendalian pajak (tax control). Pada tahap perencanaan pajak ini, dilakukan pengumpulan dan penelitian terhadap peraturan perpajakan. Tujuannya adalah agar dapat dipilih jenis tindakan penghematan pajak yang akan dilakukan.

Baca Juga : Jasa Konsultan Pajak – Peninjauan Kembali

Jenis-Jenis Tax Planning

Terdapat dua jenis tax planning yang memiliki tujuan yang sama, yaitu penghematan pajak penghasilan dan di dalam penerapannya masing-masing tetap memperhatikan ketentuan atau undang undang yang berlaku. Berikut kedua jenis tax planning tersebut:

1. Tax Planning Domestic Nasional (National Tax Planning)

National tax planning hanya memperhatikan Undang-Undang Domestik, pemilihan atas dilaksanakan atau tidak suatu transaksi dalam national tax planning bergantung pada transaksi tersebut. Artinya untuk menghindari/mengurangi pajak, wajib pajak dapat memilih jenis transaksi apa yang harus dilaksanakan sesuai dengan hukum pajak yang ada, misalnya akan terkena tarif pajak khusus final atau tidak?

2. International Tax Planning

International tax planning selain memperhatikan Undang-Undang Domestik, juga harus memperhatikan undang-undang  atau perjanjian pajak (tax treaty) dari negara-negara yang terlibat.

Baca Juga : Siapa yang Harus Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

Manfaat Tax Planning

Khusus bagi perusahaan yang melakukan tax planning akan memperoleh sejumlah manfaatnya. Ini beberapa manfaat tax planning.

Manfaat#1. Mengatur aliran kas merupakan perencanaan yang dapat mengestimasikan kebutuhan kas untuk pajak dan menentukan saat pembayaran, sehingga perusahaan dapat menyusun anggaran kasnya dengan lebih akurat.

Manfaat#2. Penghematan kas keluar adalah perencanaan pajak yang dapat menghemat pajak yang merupakan biaya bagi perusahaan. Tujuan dilakukannya penghematan pajak ini adalah:

  • Memanfaatkan secara optimal ketentuan-ketentuan perpajakan yang berlaku.
  • Menyebar penghasilan ke beberapa tahun untuk menghindari pajak yang tinggi.
  • Mengambil beberapa keuntungan dari pemilihan bentuk-bentuk usaha yang tepat.
  • Mendirikan perusahaan dalam satu jalur usaha sehingga dapat diukur secara keseluruhan penggunaan tarif pajak dan potensi penghasilannya.

Wajib pajak selalu berusaha mengurangi pajak dengan cara mengatur perpajakan. Cara yang ditempuh perusahaan dalam menghemat pajak tersebut adalah dengan memanfaatkan tax planning. Dengan tax planning, wajib pajak berusaha mendapat penghematan pajak (tax saving) melalui prosedur penghindaran pajak (tax avoidance) secara legal atau sesuai Undang Undang Perpajakan.

Cara ampuh dan efektif dalam mengatur perpajakan Anda adalah dengan menggunakan jasa konsultan pajak. DME Consultant yang merupakan salah satu businesss cluster dari Darta Corp siap membantu perpajakan Anda. Karena DME Consultant memiliki konsultan pajak yang berpengalaman dan terpercaya.

Baca Juga : ‌Jasa Konsultan Pajak – Pengajuan Restitusi Pajak

Jasa Konsultan Pajak Tax Planning

Darta Consulting adalah kantor jasa konsultan pajak (Tax Consultant) yang juga menyediakan jasa konsultan hukum, akuntan publik dan IT solution. Darta Consulting melayani jasa perpajakan yang lengkap dan telah dipercaya oleh ratusan klien sejak tahun 2003.

Darta Consulting dapat membantu menyelesaikan masalah perpajakan seperti Jasa kepatuhan pajak, Jasa Perencanaan Pajak ( Tax Planning ), Jasa Telaah Pajak, Jasa Pendampingan Dalam Pemeriksaan, Jasa Restitusi Pajak, Jasa Penyelesaian Sengketa Pajak, Jasa Administrasi Pajak, Perpajakan Internasional, dan Jasa Pelatihan Pajak.

Jasa Konsultan Pajak Wilayah Indonesia

Darta Consulting menyediakan layanan jasa konsultan pajak dan jasa konsultan hukum untuk seluruh wilayah di Indonesia seperti sebagian besar di wilayah Pulau Jawa, yaitu :

Bandung, Banjar, Batu, Bekasi, Blitar, Bogor, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, DKI Jakarta, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Kediri, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Pekalongan, Probolinggo, Salatiga, Semarang, Serang, Sukabumi, Surabaya, Surakarta, Tasikmalaya, Tangerang, Tegal, Yogyakarta.

Selain itu, Darta Consulting juga melayani jasa konsultan pajak dan jasa konsultan hukum untuk wilayah lain di pulau Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.