Kantor Jasa Konsultan Hukum Darta Consulting– Pada Januari hingga Februari 2018 ini setidaknya terdapat lima artis yang tertangkap karena terjerat penggunaan narkoba, yaitu Fachri Albar, Roro Fitria, Jennifer Dunn, Rizal Djibran, dan Dhawiya Zaida. Kelima artis ini menambah daftar panjang para artis terjerat narkoba sejak tahun lalu.

Pada Februari 2017, diawali dengan Andika The Titans yang tertangkap karena kedapatan memiliki tembakau gorila. Kemudian pada Maret 2017, Ridho Rhoma menjadi tersangka karena memiliki sabu-sabu. Berikut kilasan peristiwa penangkapan kelima artis tersebut.

Baca Juga : Konsultan Hukum dan Jasa Pengacara Kasus Pidana

Kronologi penangkapan 5 artis

1. Jennifer Dunn

artis terjerat narkoba

Artis Jennifer Dunn tercatat telah tiga kali ditangkap polisi terkait kasus narkoba. Awalnya, Jedun pertama kali berurusan dengan polisi saat usianya masih 15 tahun. Ia ditangkap pada tahun 2005 karena terciduk memiliki ganja.

Namun Jedun kembali tertangkap mengkonsumsi narkoba pada Oktober 2009. Polisi menggerebek kos Jennifer Dunn di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan dan menemukannya sedang berpesta seks dan narkoba.

Saat itu dia ditangkap polisi karena menyimpan tujuh butir ekstasi di rumahnya. Dia kemudian divonis empat tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada 2010 atas kepemilikan narkoba dan mendekam di Rutan Pondok Bambu.

Selanjutnya pada awal Januari 2018 ini Jedun kembali terciduk polisi di rumahnya di Jl Bangka XIC, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Minggu (31/12/2017) pukul 17.30 WIB karena kedapatan memiliki narkoba. Kali ini dia mempunyai sabu seberat 1 gram yang dipesan melalui pengedar narkoba berinisial FS.

Sanksi hukum: Jennifer Dunn dikenakan Pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (1) Juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman paling singkat lima tahun penjara dan paling lama 20 tahun serta pidana denda paling sedikit Rp 1.000.000.000 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp 10.000.000.000 (sepuluh miliar rupiah).

2. Fachri Albar

artis terjerat narkoba

Artis Fachri Albar (36 tahun) ditangkap oleh Satgas Narkoba Polres Jakarta Selatan pada Rabu, 14 Februari 2018 pagi. Putra Ahmad Albar ini ditangkap di kediamannya di Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Saat ditangkap anak dari vokalis God Bless Ahmad Albar ini, polisi menemukan beberapa barang bukti narkoba berupa sabu-sabu seberat 0,8 gram, 13 butir dumolid, dan satu butir camplet, serta berbagai macam alat hisap.

Fachri Albar adalah aktor berkebangsaan Indonesia yang mempunyai hobi membaca buku dan menonton film. Film yang pernah dibintangi pria berdarah Arab ini adalah Alexandria, Kala, dan Pintu Terlarang arahan sutradara andal, Joko Anwar.

Sanksi hukum: Atas kasus ini, Fachri Albar dijerat Pasal 112 sub 111 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling singkat 4 tahun penjara dan paling lama 12 tahun penjara.

3. Roro Fitria

artis terjerat narkoba

Roro Fitria ditangkap Reserse Narkoba Metro Jaya di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Februari 2018 siang atas penyalahgunaan narkoba. Dalam penangkapan tersebut, polisi mengamankan sabu seberat 2,4 gram dari tangan Roro Fitria.

Sanksi hukum: Akibat kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu, Roro Fitria akan dikenakan Pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (1) Juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Roro terancam hukuman penjara lima tahun lebih.

4. Dhawiya Zaida

artis terjerat narkoba

Kemudian, artis terjerat narkoba lain yang juga diciduk polisi adalah Dhawiya Zaida bersama empat orang lainnya ditangkap polisi pada Jumat, 16 Februari 2018, di kediamannya, kawasan Cawang, Jakarta Timur. Saat diamankan, polisi juga menyita barang bukti 0,45 gram dan 0,49 gram sabu dari kamar Dhawiya. Putri bungsu dari Elvy Sukaesih ini diamankan bersama dengan kekasihnya, dua orang kakak kandungnya, serta satu kakak ipar yang tengah hamil 6 bulan. Dhawiya sudah mengonsumsi narkoba sejak 2010.

Sanksi hukum: Dhawiya Zaida dikenakan Pasal 114 ayat 1, Pasal 112 ayat 1, Pasal 127 ayat 1, Pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman pasal tersebut adalah penjara paling singkat selama lima tahun dan paling lama 20 tahun serta denda Rp 1-10 miliar.

5. Rizal Djibran

artis terjerat narkoba

Pesinetron Rizal Djibran ditangkap polisi di kediamannya di Sunrise Paradise Blok AD 1 No 5 Grand Wisata, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi. Rizal ditangkap pada Rabu, 21 Februari 2018 sekitar pukul 02.30 WIB. Bersamanya didapatkan barang bukti berupa narkotika golongan 1 jenis sabu dengan berat keseluruhan 0,66 gram brutto.

Selain itu juga didapatkan 1 buah cangklong, pipet, 2 sedotan sebagai sendok, dan 1 bong sabu berbentuk botol dot susu. Barang bukti lain di luar narkoba adalah 1 unit Blackberry Porsche dan 1 unit iPhone 6 plus.

Sanksi hukum: Rizal Djibran dikenakan Pasal 112 ayat 1 dengan ancaman penjara 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara dengan subsider pasal 127 dengan ancaman 4 tahun penjara.

Baca Juga : Pemilu 2019, KPU Larang Parpol Kampanye di Media Massa

Rehabilitasi dan Hukuman

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengatakan, bahwa dia sepakat jika pengguna narkoba memang harus direhabilitasi. Namun, rehabilitasi jangan sampai menggugurkan pertanggungjawaban secara hukum.

Menurut Waseso, selama ini pihak-pihak yang terjerat dalam kasus narkoba berlindung pada status pengguna sebagai korban. Sehingga penanganan terhadap mereka yang benar-benar menyalahgunakan narkoba seperti bandar menjadi tak optimal.

Berlindung di bawah status pemakai hanya akan memanfaatkan kebijakan rehabilitasi untuk menghindari pidana. Paradigma inilah yang menurut Waseso, perlu diubah melalui revisi UU narkotika yang bisa mengatur hukuman pidana di samping proses rehabilitasi.

artis terjerat narkoba

Revisi UU Narkotika

Terungkapnya beberapa penyelundupan narkotika dalam skala besar semakin mengindikasikan Indonesia darurat narkotika. Untuk itu pemerintah didorong untuk segera merampungkan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

artis terjerat narkoba

Aturan tersebut saat ini dianggap sudah lemah dalam upaya pemberantasan narkotika. UU tersebut dianggap perlu diperkuat dalam upaya pencegahan maupun penindakan penyalahgunaan narkoba, terutama bandar besar.

Narkoba merupakan tindak pidana khusus atau extra ordononiry crime. Karenanya, regulasi kuat dan sanksi keras untuk pelaku mestinya telah hadir untuk mengimbangi kehadiran bandar narkoba dunia yang menyasar Tanah Air.

Bagi Anda yang tidak ingin berakhir di pusat rehabilitasi atau kesehatan yang buruk akibat obat-obatan tersebut serta terhindar dari jerat hukum, ada baiknya mengikuti tips menghindari narkoba berikut ini.

Baca Juga : Kenali Penyebab Kasus KDRT dan Sanksi Hukumnya

Tips Menghindari Narkoba

1. Beragam dampak negatif narkoba

Ada banyak sekali dampak buruk narkoba yang dapat Anda jadikan sebagai pedoman supaya tidak coba-coba untuk menggunakannya. Beragam dampak buruk narkoba tidak hanya dirasakan secara fisik, melainkan juga psikis, misalnya seseorang yang ketahuan sebagai pengguna narkoba, akan menjadi perbincangan di masyarakat.

2. Jaga pergaulan

Cara menghindari narkoba juga tergantung pada pergaulan. Pergaulan yang salah memberi dampak buruk bukan hanya pada masa sekarang, melainkan juga pada masa depan Anda. Untuk itu diperlukan sebuah benteng yang kuat supaya Anda tidak dapat dengan mudah terjerumus pada pergaulan bebas yang menyesatkan. Membentengi diri dapat dilakukan dengan cara memegang teguh agama yang dianut. Di dunia ini tentu tidak ada satupun agama yang membenarkan pergaulan bebas. Untuk itu perbanyak ilmu agama dan jadikanlah sebagai pegangan hidup Anda.

3. Hadapi masalah

Narkoba merupakan salah satu jenis obat-obatan terlarang yang digunakan sebagai salah satu cara pelampiasan atas masalah yang tengah dihadapi. Beragam masalah yang ada membuat seseorang merasa depresi hingga berdampak pada kelakuannya sehari-hari. Banyak dari mereka yang tengah dilanda masalah berat terkadang melakukan hal buruk sebagai pelampiasan dan mulai coba-coba dengan mengonsumsi narkoba. Sebaik apa pun seseorang, ketika dihadapkan pada sebuah masalah yang besar, perubahan perilaku dapat pula terjadi.

4. Lakukan kegiatan yang bermanfaat

Langkah jitu dalam menghindari narkoba adalah dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat. Ada banyak sekali jenis kegiatan yang bermanfaat terutama bagi seorang remaja mulai dari melakukan bakti sosial atau melakukan hobinya. Melakukan kegiatan-kegiatan tersebut mampu menghindarkan Anda dari waktu luang yang dapat membuat pikiran-pikiran negatif masuk dalam pikiran Anda.

5. Hindari dunia malam

Dunia malam identik dengan hal-hal yang negatif. Bagi para orangtua hendaknya memberikan batasan waktu bagi anak-anaknya supaya tidak keluar saat malam hari. Dunia malam terlebih pada klub malam, ada banyak sekali orang-orang di dalamnya yang telah menjadi pemakai narkoba sehingga tidak menutup kemungkinan jika Anda senang berada di tempat-tempat tersebut maka keinginan untuk mencoba-coba akan bertambah besar.

6. Ingat tentang hukum narkoba

Di Indonesia terdapat hukum yang berlaku bagi para pengguna narkoba maupun pengedarnya. Hal ini dapat menyebabkan si pelaku atau si pengedar terkena hukuman penjara. Bagi Anda yang tidak ingin berurusan dengan para aparat penegak hukum tentu ada baiknya jika Anda menghindari barang terlarang yang satu ini.

7. Jangan mudah tergoda

Ketika Anda memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi terhadap sesuatu, akan lebih baik jika Anda dapat menekannya. Pikirkan dulu apa dampak baik dan buruknya ketika Anda hendak melakukan sesuatu. Saat dampak buruk ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan dampak baiknya, sebaiknya segera hilangkan pikiran-pikiran tersebut.

Jeratan hukum dari para artis terjerat narkoba tersebut sebagai peringatan bagi kita akan dampak yang ditimbulkan dari narkoba. Kasus penggunaan narkoba ini bukan hanya dialami di kalangan artis atau publik figur saja, tetapi juga masyarakat lainnya. Hal ini menjadi peringatan bagi kita bahwa jangan coba-coba berhubungan dengan narkoba. Jagalah diri Anda, keluarga, maupun lingkungan Anda dari narkoba!