Kantor Jasa Konsultan Hukum Darta Consulting – Belakangan ini kasus perselingkuhan atau yang lebih dikenal dengan istilah perebut laki orang (pelakor) dan perebut bini orang (pebinor) menjadi nge-tren. Banyak alasan bagi seseorang untuk berselingkuh dari pasangan orang lain. Namun sebelum Anda main hakim sendiri maupun berniat menjadi seorang pelakor, simak apa saja sanksi hukum bagi para pelakor berikut ini

Perempuan atau laki-laki yang berusaha mengganggu atau merebut pasangan dari sebuah keluarga terutama kerabat dekat,  sama saja dengan mengambil sesuatu yang bukan miliknya. Tak sedikit dari mereka yang akhirnya berujung pada perceraian.

Perempuan Pelakor

Dalam suatu penelitian yang diterbitkan di Journal of Sex Research, mengungkap motivasi di balik perselingkuhan. Peneliti meminta pandangan dari 495 orang dewasa muda tentang perselingkuhan mereka melalui kuisioner berbasis internet.

Perempuan Pelakor

Hasilnya, sebagian besar mereka berselingkuh karena tidak puas dengan hubungan yang dijalani, merasa tidak dianggap, marah, atau memiliki hasrat kepada orang lain.

Berbagai cara dan modus yang bisa digunakan dalam perselingkuhan. Ada yang menikah siri (berpoligami tanpa izin istri pertama), pacaran sembunyi-sembunyi hingga mengarah pada perzinahan. Semuanya dilakukan tanpa sepengetahuan istri sah si suami dan anak-anaknya.

Alasan Perempuan Jadi Pelakor

Menurut penuturan Terry McDonald, penulis buku “How to Attract and Marry the Man of Your Dreams”, beberapa perempuan yang rindu dengan figur seorang ayah membuat mereka menyukai laki-laki berumur yang kebanyakan sudah menikah. Berikut delapan alasan perempuan pelakor:

1. Senang dengan tantangan

Sejumlah perempuan memang senang menjalani hidup dengan drama. Mereka seringkali berada dalam hubungan yang salah, tak terkecuali dengan pria beristri. Mereka juga sebenarnya tidak seutuhnya menyukai laki-laki tersebut. Hanya sekadar untuk uji adrenalin karena tantangan yang tinggi dan sarat risiko.

2. Lebih romantis

Sekian tahun menjalani pernikahan, pria beristri bisa jadi lupa betapa mengasyikkannya jatuh cinta dan naksir seseorang. Alhasil, mereka cenderung lebih romantis dengan perempuan yang menarik perhatian mereka.

3. Beruban

Menurut McDonald, helaian rambut beruban yang sering terlihat pada laki-laki berumur dianggap seksi oleh sejumlah perempuan. Uban yang merupakan tanda penuaan menjadi daya tarik pria beristri terhadap perempuan lajang.

4. Pintar berbicara

Pria menikah lebih pintar dalam mengarahkan pembicaraan tanpa terkesan gombal. Alhasil, perempuan pun dibuat percaya dengan hati berbunga-bunga.

5. Berhati-hati

Sikap sang pria yang berhati-hati karena menjaga perasaan selingkuhannya dan istrinya, entah kenapa untuk sejumlah perempuan dianggap sebagai bentuk perhatian yang manis.

6. Bosan

Salah satu alasan perempuan bersedia menjadi selingkuhan pria beristri adalah mereka tengah merasa bosan dengan pasangannya, baik itu suami maupun kekasihnya.

7. Hubungan bermasalah

Rasa bosan dengan pasangan juga bisa diakibatkan oleh hubungan percintaan yang sedang bermasalah. Misalnya, berbeda pemahaman, sulit diajak berkomunikasi, hingga permasalahan kecil lainnya yang tidak bisa dituntaskan dengan baik. Hal itulah yang mendorong para perempuan untuk mencari pelampiasan dengan laki-laki lain, salah satunya adalah dengan pria beristri.

8. Sering bertemu

Memiliki lingkup pergaulan yang sama, seperti rekan kerja di kantor atau klien perusahaan, membuat untuk bertemu setiap saat. Intesitas pertemuan yang sering itu membuat perempuan tanpa sadar semakin mengenal dan lebih dekat dengan laki-laki tersebut. Semakin sering intensitas pertemuan itu terjadi, tidak menutup kemungkinan bahwa perempuan bersedia menjalin cinta dengan suami orang.

Sanksi Hukum Bagi Pelakor

Lalu, apa jerat hukum bagi suami/istri yang selingkuh? Bisakah jerat hukum dikenakan kepada pelakor?

Perbuatan selingkuh secara hukum dapat dijerat dengan Pasal Pidana terkhusus apabila perselingkuhan telah mengarah ke perbuatan zinah, maka suami/istri dari pasangan yang melakukan zinah dapat melaporkan istri/suaminya ke polisi atas dasar Pasal 284 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Dalam KUHP memang tidak diatur secara khusus mengenai istilah perselingkuhan, sehingga untuk kasus perzinahan dapat dikenakan Pasal 284 ayat KUHP.

Zinah adalah persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki atau perempuan yang telah kawin dengan perempuan atau laki-laki yang bukan istri atau suaminya. Untuk dapat dikenakan pasal ini, maka persetubuhan itu harus dilakukan atas dasar suka sama suka, tidak boleh ada paksaan dari salah satu pihak.

Prosedur ataupun tata cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengadukannya kepada kepolisian setempat, karena tindak pidana perzinahan ini termasuk delik aduan (klacht delict). Pasal 284 KUHP ini merupakan suatu delik aduan yang absolut, artinya tidak dapat dituntut apabila tidak ada pengaduan dari pihak suami atau istri yang dirugikan (yang dimalukan).

Sementara pihak yang melakukan pengaduan adalah suami/istri yang tercemar dan terhadap mereka dapat berlaku Pasal 27 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer) yang mengatakan bahwa dalam waktu yang sama seorang laki-laki hanya diperbolehkan mempunyai satu orang wanita sebagai istrinya demikian sebaliknya, dan dalam jangka waktu 3 bulan dapat diikuti dengan permohonan bercerai atau pisah ranjang dengan alasan yang sama.

Sanksi Pidana Kasus Perzinahan

Sementara sanksi pidana yang dapat diterima oleh pelaku perselingkuhan, merujuk pada ketentuan Pasal 284 ayat (1) angka 1 huruf a KUHP adalah pelakunya diancam pidana penjara paling lama sembilan bulan. Hal ini berlaku untuk suami/istri dan atau pun perempuan/laki yang menjadi selingkuhannya tersebut.

Hukuman Berpoligami Tanpa Izin Istri Pertama

Sementara, seorang suami yang ingin melangsungkan pernikahan kedua kalinya atau ingin melakukan poligami haruslah mendapatkkan persetujuan dari istrinya, atau jika ia ingin menikah lagi tanpa ada persetujuan dari pada pasangannya. Dia harus menceraikannya dan perceraian ini hanya dimungkinkan jika ada alasan yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan untuk menjadi alasan terjadinya perceraian.

Jika si suami melanggar ketentuan tersebut, istri pertama dapat melaporkan si suami dengan tindak pidana terhadap perkawinan seperti diatur dalam Pasal 279 KUHP sebagai berikut:

1. Diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun:
a). Barang siapa mengadakan perkawinan padahal mengetahui bahwa perkawinan atau perkawinan-perkawinannya yang telah ada menjadi penghalang yang sah untuk itu; b). barang siapa mengadakan perkawinan padahal mengetahui bahwa perkawinan atau perkawinan-perkawinan pihak lain menjadi penghalang untuk itu.

2. Jika yang melakukan perbuatan berdasarkan ayat 1 butir 1 menyembunyikan kepada pihak lain bahwa perkawinan yang telah ada menjadi penghalang yang sah, untuk itu diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Tips Mencegah Pelakor

1. Ciptakan suasana baru

Keadaan rumah dan pelayanan yang membosankan kerap kali mendorong pasangan Anda untuk mencari wanita lain. Adalah tugas Anda untuk menciptakan rumah yang bersih dan asyik untuk ditinggali bersama pasangan Anda. Perlu Anda sadari jangan menyajikan kehidupan yang itu-itu saja atau monoton. Ubahlah rumah Anda dengan banyak kejutan di sana sini misalnya tempat tidur diubah letaknya sedikit berbeda dari biasanya. Termasuk di dalamnya suasana kamar yang terlihat romantis bagi hubungan suami istri. Sesekali juga beri hadiah kecil yang mengejutkannya.

2. Ciptakan kehidupan yang romantis

Adalah tugas Anda untuk menciptakan suasana yang nyaman setelah suami sibuk seharian bekerja di kantor. Ketika dia pulang, sambutlah dengan wajah penuh senyum dan siapkan kebutuhannya untuk beristirahat. Sering kali pria senang dengan wanita lain karena mendamba kehidupan yang romantis. Kalau ia sudah mendapatkannya di rumah tentu tak perlu lagi mencari di tempat lain. Ciptakanlah hubungan yang penuh mesra dengan sentuhan romantis dan hindari hubungan yang rutin.

3. Ciptakan keintiman yang mesra

Banyak pasangan terjebak pada anggapan bahwa seks bukanlah sesuatu yang penting dalam hubungan keluarga. Akibatnya hubungan intim berjalan biasa-biasa saja, bahkan tak jarang dilakukan dalam keadaan lelah. Tak ada keinginan untuk memberi kejutan pada pasangan dan menciptakan hal-hal yang baru. Mulailah menjadikan hubungan seks sebagai pengikat suami istri dalam rumah tangga.

4. Ciptakan komunikasi yang baik

Bila terjadi kehamilan pada sang istri merupakan saat yang menggembirakan dalam kehidupan seorang wanita. Tetapi terkadang bagi tipe pria tertentu saat ini merupakan waktu yang rawan karena mudah sekali terjadi penyelewengan ketika istri sedang hamil. Perlu dijalin komunikasi secara terbuka yang baik antara suami istri untuk tidak timbul kesalahpahaman. Apalagi ketika anak sudah lahir sang istri sibuk dengan mengurus bayinya dan tidak punya cukup waktu untuk memperhatikan suaminya. Hindari hal tersebut dengan berbicara pada pasangan untuk bekerja sama membangun keluarga dalam merawat bayi secara bergantian setelah dia cukup beristirahat.

5. Ciptakan rasa kasih dan perhatian

Perlihatkan rasa kasih dan hormat terhadap suami Anda. Bila dia melakukan sesuatu hal yang baik jangan lupa memberikan tanggapan positif dengan memujinya. Hindari terlalu sering mengkritiknya agar dia akan merasa Anda tidak menghormati posisinya sebagai suami. Tunjukkan perasaan bahwa Anda mencintainya dengan berterima kasih atas bantuannya selama ini.

6. Ciptakan penampilan menarik

Cinta tak menghalangi seorang pria mencari wanita lain. Sangat mungkin terjadi bila ia tetap mencintai pasangannya meski sudah kelihatan seperti “ondel-ondel.” Tetapi tidak semua pria bisa menahan diri untuk tidak memeluk wanita yang jauh lebih molek bila keadaan memungkinkan. Oleh karena itu, Anda masih perlu merawat dan mempercantik diri dengan penampilan yang menarik bila suami di rumah. Tidak ada salahnya bila perlu Anda kenakan pakaian yang membuatnya terkesan.

7. Ciptakan kesempatan untuk berbagi

Selingkuh sering terjadi ketika suami Anda menemukan masalah dalam pekerjaannya dan ia tak bisa mengajak istrinya bicara dan memecahkan masalahnya. Akibatnya, ia akan mencari wanita lain untuk ‘curhat’ padanya. Jadi cobalah Anda untuk selalu memberinya kesempatan berbagi masalah. Tak sekedar meluangkan waktu tetapi juga ciptakan suasana nyaman di rumah yang mendukung. Setelah itu berusahalah membantunya mengatasi masalahnya.

8. Ciptakan waktu luang untuk bersama

Sungguh sulit menjalin hubungan yang begitu akrab dan sehat tanpa menyediakan waktu khusus untuk berdua tanpa ada gangguan termasuk acara televisi. Anda berdua perlu untuk membangun keimanan yang kuat agar dapat menghadapi godaan dalam kehidupan berumah tangga. Sebaiknya tetapkan satu atau dua kali seminggu bangun pagi-pagi untuk melakukan kegiatan olahraga jalan santai bersamanya.

Kenalilah pasangan hidup Anda. Kini saatnya untuk senantiasa menjaga perasaan kasih asmara dalam kehidupan pernikahan. Dengan saling memahami dan memperhatikan kebutuhan pasangan Anda, kepedulian mampu memelihara ikatan cinta dalam pernikahan. Bersama mengatasi kerikil-kerikil tajam dalam rumah tangga yang dibangun atas nama cinta. Dengan demikian diharapkan tidak ada perselingkuhan atau perempuan pelakor terhadap pasangan Anda.