Darta Consulting – Menghadapi persaingan usaha yang sangat ketat saat ini, para pengusaha perlu strategi jitu untuk menghadapi tantangan dalam dunia bisnis. Perusahaan tidak akan mudah mendapatkan efisiensi yang diinginkan jika masih menggunakan sistem manual. Untuk itu penting bagi perusahaan menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dalam proses bisnisnya. Dengan sistem berbasis teknologi ini, sejumlah manfaat program ERP bisa diperoleh perusahaan.

ERP adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Sistem ERP membantu perusahaan mengintegrasikan informasi dari seluruh fungsi bisnis yang berbeda. Selain itu juga menyediakan pengaturan sumber daya yang terpusat demi menyederhanakan penyajian data-data, sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan.

Baca juga: Penting! Ketahuilah Peraturan Perpajakan bagi Bisnis Online-UMKM

Suatu bisnis apabila tidak mampu melakukan perubahan dan adaptasi secara terus-menerus, kemungkinan besar akan runtuh dalam waktu cepat, maka di sinilah pentingnya peranan sistem ERP. Dengan ERP, perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola proses bisnis dan melakukan pengembangannya. Manfaat program ERP akan memudahkan sebuah bisnis dalam mengambil keputusan-keputusan yang bersifat strategis.

Alasan utama yang membuat sistem ERP sangat penting di dalam bisnis adalah persentase keberhasilan perusahaan dalam efisensi akan meningkat. Faktor yang membuat meningkatnya efisiensi dengan implementasi sistem ERP yaitu bisnis proses yang rumit, pengerjaan secara manual yang akan mengakibatkan membengkaknya anggaran, serta waktu yang relatif lebih lama bisa ditekan sekecil mungkin. Solusi yang ditawarkan oleh sistem ERP membuat perusahaan mendapatkan otomatisasi bisnis proses yang tentu saja akan berefek kepada kecepatan proses serta meningkatnya keuntungan perusahaan.

Jika dilihat dari sisi karyawan, sistem ERP memberikan kemudahan dalam pekerjaan, karena karyawan akan terbebas dari tugas-tugas yang dapat ditangani oleh sistem, sehingga bisa dapat memfokuskan ke dalam pekerjaan yang  lebih kompleks dan membutuhkan penanganan yang lebih personal. Bukan hanya akan meningkatkan produktivitas pekerja, namun juga perusahaan akan dapat mengurangi anggaran operasional serta overhead.

Baca juga: Jasa Konsultan Pajak Darta Consulting, Cara Mudah Urus Pajak Anda

Penerapan ERP harus didukung penuh oleh top management selain dukungan karyawan sebagai pengguna (user). Karena sistem ERP adalah aplikasi yang terintegrasi dan tentunya investasi perusahaan untuk aplikasi ini cukup mahal, dan implementasinya dibutuhkan analisa yang cermat dan keseriusan karyawan dalam menggunakan aplikasi.

Sistem ERP banyak memberikan kemudahan di semua level dalam perusahaan, mulai dari tingkat bawah hingga tingkat managerial, karena data yang dihasilkan oleh sistem dapat dijadikan acuan untuk menilai kinerja perusahaan di banyak elemen dalam waktu yang sangat cepat. Laporan yang dihasilkan ERP dapat digunakan pula dalam menganalisa strategi perusahaan ke depannya karena era pasar bebas terkadang memaksa perusahaan untuk banyak merubah strategi dalam produksi hingga pemasaran. Dan ERP dapat diandalkan untuk kepentingan tersebut, karena bisa cepat dalam memberikan laporan yang nantinya digunakan sebagai acuan dalam pengambilan tindakan, sehingga perusahaan menjadi sangat responsif terhadap perubahan pasar.

Baca juga: DJP Kejar Pengemplang Pajak, Darwis Manalu: Jangan Tebang Pilih

6 manfaat program ERP:

1. Single Entry, hanya cukup satu kali memasukkan data untuk memperoleh beberapa laporan yang diperlukan.
2. Memudahkan untuk memantau setiap saat status barang atau order, baik dari pelanggan maupun supplier.
3. Memudahkan untuk melihat database marketing dan memperbaruinya setiap saat.
4. Sistem yang terintegrasi dengan baik, sehingga tidak lagi ada data ganda, pencarian data lebih cepat dan mudah, serta tidak banyak kertas kerja yang harus dicetak.
5. Dengan terintegrasi ke semua bagian maka dapat mengurangi lead time. Artinya, penyebaran informasi dilakukan secara serempak dan bersamaan ke setiap departemen, sehingga prosesnya dapat dilaksanakan segera dan secepatnya tanpa harus saling menunggu tibanya informasi.
6. Membantu pelaksanaan dan pendokumentasian masing-masing bagian, sehingga karyawan tidak mudah untuk saling melempar tanggung jawab pekerjaan. Pada akhirnya akan diperoleh adanya efisiensi waktu kerja, biaya dan tenaga, serta top management dapat menilai kinerja masing-masing departemen.

Keenam manfaat program ERP tersebut tidak akan berguna bila sistem ERP dalam perusahaan tidak dilakukan secara maksimal, yakni proses kerja tidak sesuai dengan budaya perusahaan secara profesional. Business process perusahaan harus dibuat dengan baik terlebih dahulu dan harus dipatuhi semua lini departemen, sehingga tujuan penerapan sistem ERP dapat tercapai dengan baik.

Banyak pula implementasi ERP di perusahaan berakhir dengan kegagalan karena tidak ada dukungan penuh dari top management dan karyawan yang tidak konsisten dalam menjalankan sistem ERP. Oleh sebab itu perlu sinergi antara top management dan karyawan demi terlaksananya sistem ERP dengan baik. Nah, apakah perusahaan Anda sudah menerapkan sistem ERP? Jika belum, mulailah saat ini Anda menerapkan aplikasi ERP. Untuk mendapatkan aplikasi ERP, DME Consultant yang salah satunya adalah menangani seputar IT solution dapat membantu Anda dalam membuatkan aplikasi ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.